Muak Dengan Agama dan Politik

Gua lahir tahun 1995 dan baru mau mengenal politik sewaktu masuk dunia perkuliahan. Awalnya gua gak begitu peduli dengan permasalahan politik. Di pikiran gua waktu itu hanyalah politik wadah yang sangat kotor dan sulit sekali untuk dibersihkan. Karena selalu ada saja hal-hal yang negatif.

Jadi, tulisan gua kali ini pun sangat mudah dipatahkan bagi kalian yang mengerti politik dan tahu dasar teori dari politik itu sendiri. Gua gak begitu suka baca, hanya mau baca kalau gua lagi mau baca. Jadi semua opini gua, yang gua yakin hanya bersumber dari pemikiran dasar gua dan juga beberapa artikel atau tweet yang gua baca.

Pilkada akan berlangsung di Indonesia, dan media kita yang memiliki sistem sentralisasi yang artinya mau lu di Jogja, di Medan dan dimana pun. Maka berita atau informasi yang sering muncul pasti dari pulau Jawa terlebih lagi ibukota kita yaitu Jakarta.

Dan Pilkada Jakarta ini selalu heboh karena memiliki Gubernur yang bukan islam. Jadi, kita mulai lagi drama yang melelahkan ini.

cr: giphy

cr: giphy

Continue reading

Makhluk Jawa Makhluk Beruntung

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang katanya terbesar di dunia!

Gua bukanlah analisis yang hebat dan juga gua orang yang pemalas untuk membaca sebuah teori ataupun tulisan mengenai bukti-bukti konspirasi politik yang ada di dunia atau bahkan di Indonesia. Gua beberapa bulang yang lalu sempat mendengar perbincangan teman gua mengenai “konspirasi-konspirasi” dari salah satu presiden Republik Indonesia (Itu loh yang supersemar pokoknya) kalau pengembangan akan di pusatkan di pulau Jawa sementara di luar pulau Jawa progressnya tidak akan secepat di pulau Jawa.

Hal ini tentu membuat gua merasakan bahwa makhluk yang ada di Indonesia terlebih lagi kita yang lahir di pulau Jawa adalah makhluk-makhluk yang sangat beruntung! Apalagi kalau kalian lahir dan besar di kota megapolitan atau kota urban. Mulai dari pendidikan, informasi, teknologi semua di dapatkan begitu mudah. Tapi bagaimana dengan saudara kita yang lahir di luar pulau jawa?

Continue reading

Agama = kedamaian #70thICRCid

Anjas mantap yah tema kali ini, sungguh berat nan juga sangat sensitif nih kalo gua salah-salah kata hahahahaha sebelum kita masuk ke topik pembahasan, gua mau kasih tau aja kalau postingan ini buat lomba blog yang dibuat oleh ICRC atau International Committee of the Red Cross atau lagi Palang Merah cabang Indonesia. Dan kebetulan topik yang disuguhkan banyak jadi gua bisa milih salah satu dan diperbolehkan juga buat postingan lebih dari satu dan maksimal tiga postingan. Very Nice yah…….yuk ah kita cek emang iya agama itu damai?

Continue reading